6 Destinasi Kuliner yang Wajib Anda Datangi Saat ke Makassar, Rasanya Mantap

Kota Makassar tidak hanya terkenal dengan keindahan alam dan keramahan warganya

Editor: Muhammad Irham
kompas.com
Jalangkote, salah satu kuliner khas Makassar 

TRIBUN-TIMUR.COM - Kota Makassar tidak hanya terkenal dengan keindahan alam dan keramahan warganya. Namun juga terkenal dengan kelezatan aneka kulinernya.

Banyak wisatawan yang pernah berkujung ke Makassar mengakui jika tak bisa melupakan aneka kuliner yang banyak dijajakan di Kota Makassar.

Bagi Anda yang baru pertama kali datang ke Makassar, berikut enam tempat makan enak di Kota Makassar:

1. Jalangkote Lasinrang

Sekilas, jajanan ini tampak seperti pastel yang biasa ditemui di pasar atau kedai jajanan pasar khas Indonesia. Namun, yang berbeda antara pastel dan jalangkote adalah kulitnya. Jalangkote memiliki kulit yang lebih tipis dibandingkan pastel.

Adapun perbedaan lainnya terdapat pada bumbu pendamping. Biasanya pastel dimakan dengan cabai rawit, sedangkan jalangkote dimakan dengan cara dicocol dengan kuah cair yang pedas.

Jalangkote Lasinrang adalah salah satu yang terkenal dan wajib kamu coba.

2. Rumah Makan Seafood Apong

Sebenarnya RM Seafood Apong menyuguhkan sajian berbahan dasar seafood seperti restoran seafood kebanyakan.

Namun, yang istimewa adalah sambal dabu-dabu dengan kombinasi sambal, daun kemangi, jeruk nipis, dan tomat muda yang tentu saja menambah selera makan para pengunjung.

Ikan bakar parape juga wajib dicoba ketika bertandang ke sini. Tampilan ikannya berwarna putih tanpa kulit, dibakar dan disajikan dengan sambal yang terpisah.

3. Restaurant Surya Super Crab

Restoran ini menyajikan berbagai macam hidangan laut yang menggugah selera. Salah satu jenis makanan yang terlintas di benak ketika bertandang ke Restoran Surya Super Crab adalah kepiting saus Padang dan kepiting lada hitamnya yang ikonik.

Ditemani dengan sepiring mantau goreng yang menjadi pelengkap hidangan gurih ini, jangan heran jika kamu ketagihan dengan kelezatan bumbunya.

4. Sop Konro Karebosi

Sop Konro Karebosi didirikan pada tahun 1968. Sejak awal didirikan hingga sekarang, Sop Konro Karebosi menjadi tujuan pertama masyarakat Makassar yang ingin menikmati semangkuk sop konro. Sop ini terbuat dari daging sapi pilihan yang dicampur kuah sup.

Di sini, ada pula menu konro bakar yang terdiri dari daging iga sapi panggang serta bumbu kacang racikan khas Makassar. Kalau kamu berkunjung ke Makassar, jangan lupa mampir ke tempat legendaris satu ini, ya!

5. Pallu Basa Serigala

Salah satu tempat sop pallu basa yang paling terkenal di Makassar adalah Sop Pallu Basa Serigala. Kayanya rasa rempah di sop pallu basa ini membuat tempat ini selalu ramai oleh pengunjung.

Memang, hidangan ini sangat cocok dengan lidah masyarakat Indonesia yang menggemari makanan yang kuat akan rasa dari rempahnya. Kuah sop yang gurih dicampur dengan potongan daging sapi yang melimpah, dapat ditambah dengan telur atau potongan ketupat sebagai pelengkap.

Halaman selanjutnya

6. Coto Nusantara

...

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved