Lepaskan Penat Sambil Memandang Hamparan Padang Rumput Luas di Lappa Laona Barru

di Lappa Laona tetap mempertahankan keaslian daerah. View pedesaan mencirikan sebuah konsep bagaimana warga sekitar hidup.

Editor: Muhammad Irham
int
Suasana pemandangan di Lappa Laona Barru 

TRIBUN-TIMUR.COM - Lappa Laona Barru merupakan sebuah destinasi alam dengan hamparan luas padang rumput dan eksotisme bukit yang menjulang 1000 mdpl.

Tak heran jika banyak wisatawan asing betah ngadem di daerah ini karena udaranya masih sangat bersih. Tak seperti wisata alam umumnya yang mulai dibangun area istirahat, wahana penuh sesak, di Lappa Laona tetap mempertahankan keaslian daerah. View pedesaan mencirikan sebuah konsep bagaimana warga sekitar hidup.

Mereka hanya mengandalkan makanan yang mereka tanam secara alami dan memakan daging secara berkala. Anda yang ingin mencontoh model kembali ke alam bisa banget nih.

Luasnya wilayah Lappa Laona Barru membuat fisik Anda tertantang untuk mendaki setiap waktu, sesampainya di atas bukit yang terdapat gardu pandang, Anda akan melihat suasana kota di Sulawesi begitu kecil sekali.

Saat malam tiba, Anda yang sedang melakukan camping akan melihat indahnya kerlip bintang di langit dan lampu kota.

Penduduk sekitar menyebut Lappa Laona dengan sebutan lapangan seluas mata memandang. Pulau Pannikiang juga bisa terlihat dari atas gardu pandang sekitar 50 km.

Lokasi dan Tiket Masuk

Lokasi Lappa Laona Barru tepatnya ada di Kecamatan Barru, Desa Tanette Riaja, Dusun Harapan, Sulawesi Selatan.

Untuk masuk ke area ini Anda tidak akan dikenakan tiket alias gratis. Anda hanya akan dibebankan biaya penjagaan kendaraan sebesar Rp. 3000 untuk kendaraan roda dua sedangkan untuk roda empat sebesar Rp. 5000.

Akses menuju ke Lappa Laona cukup menantang dan beberapa jalannya masih perlu perbaikan. Namun, untuk jalan umum terbilang bagus sedangkan jalan menuju gardu pandangnya butuh kesabaran dan perjuangan.

Tentunya semua akan terbayar dengan maksimal setelah Anda sampai ke titik tertingginya Lappa Laona. Anda bisa datang ke Lappa Laona Barru tanpa ada batasan waktu.

Tetapi jika Anda memilih pada malam hari, akan ada banyak rombongan camping. Tentunya juga akan ada petugas yang berkeliling untuk mengawasi aktivitas.

Hal ini untuk mecegah para pendaki membawa minuman keras yang berpotensi merusak keasrian lingkungan.

Saat ini wisata Lappa Laona ini menyediakan aneka wahana seru yang bisa dipilih, diantaranya adalah flying fox sepanjang 270 meter, lokasi camping ground, mountain bike park, gazebo, spot foto cantik di beberapa titik yakni di pinggir jurang dan di tengah padang rumput serta Uno Stones.

Meski gazebo itu belum dioperasikan, namun pengunjung dapat ber-selfie atau berfoto ria di tempat tersebut.

Bahkan Anda bisa bawa tenda dan kemping di sana juga.

Bayangkan bangun tidur ditemani angin semilir dan juga matahari yang hangat, duh bagi para pecinta alam, terdengar begitu menyenangkan bukan? Daripada bolak-balik, lebih baik berkemah sekalian saat akhir pekan.(*)

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved