7 Rekomendasi Kuliner Enak Saat Anda Berkunjung ke Sulawesi Selatan

Ada banyak jenis kuliner yang Anda bisa coba dan dijamin Anda akan ketagihan saat mencobanya.

Editor: Muhammad Irham
@jjs_jeneponto
Coto Kuda 

TRIBUN-TIMUR.COM - berkunjung ke Sulawesi Selatan, tentunya tidak sah jika tidak menikmati aneka kulinernya yang terkenal lezat.

Ada banyak jenis kuliner yang Anda bisa coba dan dijamin Anda akan ketagihan saat mencobanya.

Penasaran apa saja hidangan yang dimaksud?

Makanan Khas Sulawesi Paling Terkenal

 

Berikut adalah beberapa makanan khas Sulawesi Selatan yang terkenal lezat dan wajib kamu cicipi saat berada di provinsi ini:

1. Kapurung

Makanan Khas Kapurung Makassar

Makanan khas dari Palopo ini sangat terkenal di Makassar dan menjadi salah satu menu yang difavoritkan oleh banyak orang. Masakan ini terbuat dari sagu yang dibentuk bulatan-bulatan kecil dengan kuah berbumbu yang lezat.

Untuk menambah kenikmatan rasanya, kapurung disajikan bersama potongan ikan, udang, dan aneka sayuran. Sangat pas disantap selagi masih hangat.

Semangkuk kapurung nan lezat bisa kamu nikmati di Rumah Makan Kapurung Aroma Palopo yang berada di BTP, Jalan Tamalanrea Raya Blok C No. 12A, Tamalanrea, Makassar, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

2. Nasu Likku

Makanan Khas Nasu Likku Sulawesi Selatan

Menu tradisional khas Bugis ini menawarkan kenikmatan rasa yang begitu menggoda. Kuliner yang menggunakan daging ayam kampung sebagai bahan utamanya ini juga dikenal dengan sebutan ayam masak lengkuas Bugis.

Gurihnya ayam kampung yang berpadu dengan aneka bumbu rempah membuat cita rasanya semakin istimewa. Aroma rempah dan rasa gurih pada kuliner ini membuat lidahmu tak berhenti untuk menikmati setiap suapannya.

Menu nasi likku nan lezat bisa kamu dapatkan di Rumah Makan Nasu Likku Padaiya yang berada di Jalan Perintis Kemerdekaan, Pai, Biringkanaya, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

3. Coto Kuda

Makanan Khas Coto Kuda Sulawesi Selatan

Jika Makassar terkenal dengan coto Makassar-nya maka di Jeneponto, Sulawesi Selatan ada menu coto kuda yang tak kalah menggoda. Olahan daging kuda ini disebut-sebut berkhasiat untuk meningkatkan stamina.

Meskipun serat daging kuda memiliki tekstur yang cukup keras, namun sensasi rasa gurihnya tetap juara. Biasanya menu ini dihidangkan bersama ketupat dan sangat pas dinikmati selagi hangat.

Seporsi coto kuda khas Jeneponto ini bisa kamu dapatkan di Coto Kuda yang berada di Monro-Monro, Binamu, Jeneponto, Sulawesi Selatan.

Rekomendasi lainnya adalah Warung Coto Kuda Turatea yang terletak di Empoang, Binamu, Jeneponto, Sulawesi Selatan.

4. Barobbo

Makanan Khas Barobbo Sulawesi Selatan

Bubur khas Bugis ini menyajikan cita rasa yang unik karena menggunakan jagung sebagai bahan utamanya.

Seporsi barobbo bisa kamu nikmati bersama aneka lauk sebagai pelengkapnya. Seperti ikan asin, berbagai macam sayur, perkedel, ayam goreng suwir, kacang, dan pastinya bawang goreng.

Seporsi barobbo nan lezat bisa kamu nikmati di Warung Kapurung dan Barobbo yang berada di Jalan Pandang Raya Ruko Safira 2 No. 13, Panakkukang, Pandang, Panakkukang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Rekomendasi lainnya adalah Rumah Makan Kapolo yang berlokasi di Jalan Faisal XII No. 6, Banta-Bantaeng, Rappocini, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

5. Lawa

Makanan Khas Lawa Sulawesi Selatan

Menu tradisional dari Makassar ini sangat cocok buat kamu yang suka dengan kuliner eksotis. Pasalnya hidangan ini terbuat dari ikan mentah.

Biasanya masyarakat setempat menggunakan suwiran daging ikan mentah yang dicampur irisan jantung pisang dan merendamnya ke dalam air jeruk nipis atau cuka selama semalam.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved