5 Objek Wisata Air Terjun yang Instagramable di Kabupaten Gowa

Objek wisata di Gowa kebanyakan objek wisata pegunungan. Yang paling terkenal adalah Malino kurang lebih 60 km dari pusat Kota Sungguminasa

Editor: Muhammad Irham
KOMPAS.COM/ABDUL HAQ YAHYA MAULANA T
Air Terjun Takapala Malino 

TRIBUN-TIMUR.COM - Kabupaten Gowa sudah lama dikenal memiliki banyak objek wisata yang terkenal hingga mancanegara.

Objek wisata di Gowa kebanyakan objek wisata pegunungan. Yang paling terkenal adalah Malino kurang lebih 60 km dari pusat Kota Sungguminasa, Gowa.

Namun ternyata bukan hanya Malino yang dicari banyak orang. Tapi juga objek wisata air terjun yang banyak terdapat di Malino.

Objek wisata air terjun banyak dikunjungi lantaran pemandangan di sekitar objek wisata tersebut sangat menakjubkan. Selain itu, suasana alam di sekitar air terjun membuat orang yang datang ke tempat itu betah berlama-lama.

Bagi kamu yang tertarik dengan wisata berbasis alam, di Gowa lah tempatnya. Sebagai daerah dengan wilayah pegunungan yang luas, Gowa memiliki spot wisata air terjun alami yang tidak hanya instagramable, tetapi juga memberi kesan alami.

Berikut 5 tempat wisata air terjun di Gowa yang sedang populer karena eksotika alamnya dan tentu layak dikunjungi.

Berikut daftarnya:

  1. Air Terjun Parangloe
air terjun
Suasana di Parangloe – Foto/bintang_9Photography

Spot pertama adalah Air Terjun Parangloe yang terletak di Belapunranga Kecamatan Parangloe Kabupaten Gowa.

Daya tarik spot satu ini adalah adanya susunan bebatuan yang menyerupai karya arsitektur klasik. Jelas ini sangat instagramable dan otentik.

Di sini juga kamu dapat menyemai suasana alamnya yang indah dengan udara sejuk dan tentu jauh dari kebisingan. Air terjun Parangloe sangatlah jernih, jadi sangat nyaman untuk mandi sembari menikmati desiran air langsung dari mata airnya.

Meski indah dan menggoda untuk dikunjungi, spot ini terbilang sulit dijangkau. Mengapa? Kamu harus melewati jalan setapak yang cukup terjal dan berbatu.

Perlu berhati-hati saat melewatinya. Namun, rasa lelah aka terbayar dengan suasana alam selama perjalanan yang juga tak kalah menariknya.

 
  1. Air Terjun Cinta
air terjun cinta
Air Terjun Cinta di Gowa – Foto/Culturenesia

Namanya terbilang unik, air terjun cinta. Dari namanya, terbayang sudah betapa romantisnya tempat ini. Benar saja, spot ini memiliki kolam yang bentuknya seperti hati atau simbol “love”.

Hal menarik lainnya di tempat ini adalah kondisi alamnya yang masih perawan dan terjaga dengan baik. Air yang meluncur melewati tebing berbatu juga sangat jernih dan segar. Sensasi mandi-mandi di spot satu ini tiada duanya dan selalu dirindukan.

Sayangnya, destinasi ini tergolong baru dan belum cukup populer. Jadi, masih sangat sedikit yang menyambanginya. Padahal, suasananya yang adem dan tenang sangatlah dinantikan bagi kamu yang menyukai aktivitas meditasi di kesunyian.

Lokasinya berada di Tamalatea, Kecamatan Manuju, daerah yang juga dikenal sangat akrab dengan buah rambutan.

  1. Air Terjun Takapala
air terjun
Suasana di Tempat Wisata Takapala di Gowa – Foto/SeratusNews

Spot ini termasuk yang diminati wisatawan lokal. Daya tariknya terutama karena pemandangan air terjun yang mengalir diapit oleh tebing batu yang sangat tinggi. Hal ini membuatnya tampak sangat istimewa dan menakjubkan.

Saat matahari sedang terik di awal pagi jelang siang, kamu dapat menyimak lukisan pelangi indah yang berpendar di sekitarnya. Suasana alamnya sangat damai dan airnya yang jernih dan dingin membuat kamu tergoda bersimbah basah.

Lokasi spot satu ini ada di Bonto Lerung, Kecamatan Tinggimoncong yang memang terkenal dengan suasana dingin bahkan terkadang berkabut.

  1. Air Terjun Biroro
biroro
Suasana di Biroro di Gowa – Foto/Detik

Suasana alam dengan pepohonan dan kepungan ragam tanaman sangat terasa di tempat ini. Kesan alaminya memang benar-benar terasa dan itulah sensasinya di air terjun biroro.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved