5 Hal yang Harus Diperhatikan Jika Berlibur ke Hong Kong

Menurut data dari perusahaan riset statista, hampir empat juta wisatawan dari seluruh dunia datang ke Hong Kong setiap tahunnya.

Editor: Muhammad Irham
pixabay.com/tee2tee
Tram di Lantau Island, Hong Kong 

TRIBUN-TIMUR.COM - Hong Kong adalah salah satu destinasi yang diminati wisatawan. Menurut data dari perusahaan riset statista, hampir empat juta wisatawan dari seluruh dunia datang ke Hong Kong setiap tahunnya.

Sebelum berkunjung ke Hong Kong, wisatawan sebaiknya memperhatikan sejumlah hal.   

Berikut Kompas.com rangkum lima hal yang harus wisatawan perhatikan sebelum ke Hong Kong:

1. Pilih waktu berwisata yang tepat

Hong Kong memiliki empat musim sepanjang tahun, sehingga wisatawan sebaiknya menyusun jadwal perjalanan mereka dengan baik. 

Melansir dari Discover Hong Kong, umumnya udara di Hong Kong panas dan lembab mulai bulan Mei hingga pertengahan September.

Sedangkan hujan akan sering mengguyur Hong Kong di bulan Agustus. 

Untuk mengetahui cuaca harian dengan lebih detail, wisatawan bisa mengunjungi situs web Hong Kong Observatory.  

2. Jangan lupakan Octopus Card

Octopus Card adalah kartu elektronik yang akan memudahkan wisatawan selama berada di Hong Kong, bahkan jika mereka hanya menghabiskan waktu selama beberapa hari. 

Kartu ini dapat digunakan untuk semua transportasi umum, supermarket, apotek, kafe, dan sejumlah restoran cepat saji. 

Wisatawan dapat membeli Octopus Card di beragam tempat tergantung jenis transportasi yang dipilih untuk menuju Hong Kong.

Berdasarkan situs web resminya, untuk wisatawan yang tiba di Bandara Internasional Hong Kong, mereka bisa membeli kartu tersebut di minimarket, China Travel Service, dan MTR Ticket & Octopus Selling Machine (mesin penjual tiket MTR dan Octopus). 

3. Jangan merokok di sembarang tempat

Hong Kong memiliki peraturan yang ketat terkait rokok. Melansir situs resmi Pemerintah Hong Kong, merokok dilarang di semua tempat umum dalam ruangan di Hong Kong, termasuk di restoran, bar, mal, dan tempat karaoke.

Larangan merokok juga diterapkan pada beberapa tempat terbuka seperti pantai dan kolam renang. Jika ketahuan merokok di area-area tersebut, wisatawan bisa dikenakan denda hingga 1.500 dolar Hong Kong atau sekitar Rp 2.000.000.

4. Ikuti Peraturan

Sudah seharusnya bagi wisatawan untuk menghormati aturan dan etika masyarakat di tempat wisata yang mereka datangi.

Beberapa aturan tak tertulis di Hong Kong adalah berdiri di sisi kanan eskalator dan berdiri di samping pintu MTR, menurut timeout.com.

5. Hong Kong punya banyak pulau untuk dikunjungi

Selama berwisata di Hong Kong, wisatawan bisa menjelajahi sejumlah pulau yang bisa ditempuh selama 30-60 menit dari perkotaan.

Melansir chinahighlights.com, mereka bisa mengunjungi Pulau Lantau, Pulau Lamma, dan Cheung Chau. Beberapa kegiatan yang bisa mereka lakukan adalah berkemah, bersantai di pantai, trekking, dan berkunjung ke Disneyland yang terletak di Pulau Lantau. (*)

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved