Mau ke Taman Nasional Taka Bonerate? Ikuti Panduan Ini

Taman Nasional Taka Bonerate adalah salah satu objek wisata andalan Sulawesi Selatan.

Editor: Muhammad Irham
Asri/TN Taka Bonerate
Salah satu spot menyelam di objek wisata Taman Nasional Taka Bonerate, Kabupaten Kepulauan Selayar 

TRIBUN-TIMUR.COM - Taman Nasional Taka Bonerate adalah salah satu objek wisata andalan Sulawesi Selatan.

Objek berupa taman laut ini berada di Kabupaten Kepulauan Selayar, jaraknya kurang lebih 180 km ke arah selatan Kota Makassar.

Bagi Anda yang suka dengan wisata laut, Taman Nasonal (TN) Taka Bonerate bisa menjadi tujuan wisata Anda di akhir pekan ini.

"Surga" bawah laut ini memiliki gugusan pulau karang terbesar ketiga di dunia. Soal ikan-ikannya jangan diragukan lagi.

Anda bisa menjangkaunya terlebih dahulu dari Makasar, ibukota Sulawesi Selatan, kemudian melanjutken perjaIanan ke kota utama di Kabupaten Kepulauan Selayar yakni Benteng via Kabupaten Bulukumba, dengan beberapa pilihan transportasi.

Berikut pilihan transportasi yang bisa digunakan:

1. Menggunakan Pesawat Terbang

Transportasi terbaru ini bisa Anda akses dari Bandara Sultan Hasanuddin (Makassar) menuju bandara H. Aeropala (Selayar).

Armada yang digunakan ialah pesawat jenis ATR.

Guna menghemat waktu, tersedia pesawat Sabang Merauke Air Charter yang melayani rute Makassar-Selayar.

Anda bisa tiba di Bandara Aroepalla, Selayar, dalam waktu 40 menit. Armada yang digunakan ialah jenis ATR72-600 berkapasitas 70 orang, yang dioperasikan oleh Trans Nusa, Wings Air, dan Garuda Indonesia.

2.   Menggunakan Bus Umum

Jika Anda memilih naik bus umum, dari Bandara Sultan Hasanuddin, Kota Makassar, menuju terminal Bus Mallengkeri, Makassar menggunakan taksi dengan biaya Rp 125.000.

Bus reguler tersedia di terminal Malengkeri Makassar menuju Benteng, Selayar, berangkat pukul 02.00 WITA dan 09.00 WITA ke pelabuhan Bira, Bulukumba dengan tiket Rp 150.000 per orang untuk bus ber AC, dengan waktu tempuh lima jam dengan istirahat.

Dari Pelabuhan Bira, Bulukumba, perjalanan dilanjutkan dengan menyeberang menggunakan Kapal feri selama dua jam ke Pelabuhan Pamatata, Selayar, perjalanan kemudian dilanjutkan menuju Kota Benteng, sekitar 1,5 – 2 jam. 3) Menggunakan Mobil Travel Mode transportasi ini sama seperti menggunakan bus, tetapi untuk jadwal keberangkatan dari Makassar lazimnya pukul 03.00 WITA.

"Kalau ke sana (TN Taka Bonerate) bisa lewat dua jalur, lewat selayar ke utara, atau lewat tengah," kata Asri, Humas dan Pusat Data Informasi TN Taka Bonerate beberapa waktu lalu.

Berikut dua jalur yang direkomendasikan:

1.  Jalur Benteng-Tinabo

Setelah sampai di ibu kota Selayar, Benteng wisatawan akan melakukan perjalanan darat menuju pelabuhan paling selatan, Pelabuhan Pattumbukang sekitar 1,5 jam.

Dari pelabuhan itu Anda akan menyeberang dengan kapal kayu Jolloro sekitar 4,5 jam atau speedboat 1,5-2 jam, menuju pintu utara TN Taka Bonerate, yaitu Pulau Tinabo.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved