Tata Cara Naik Pesawat Bagi Pemula

Transportasi darat, laut dan udara telah tersedia untuk mengantarkan Anda ke lokasi tujuan.

Editor: Mansur Amirullah
int
Ilustrasi penumpang pesawat 

TRIBUNTIMUR.COM - Transportasi saat ini menjadi suatu kebutuhan bagi banyak orang. Hal ini dikarenakan setiap orang pasti akan menuju ke suatu tempat untuk berbagai keperluan. Transportasi darat, laut dan udara telah tersedia untuk mengantarkan Anda ke lokasi tujuan.

Salah satu transportasi yang kerap mengantarkan masyarakat untuk bepergian jarak jauh adalah pesawat. Pesawat dapat mengantarkan Anda ke berbagai tempat tujuan baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Tentu hal tersebut sangat menguntungkan untuk masa sekarang.

Tetapi, bagi Anda yang belum pernah bepergian dengan menaiki pesawat, tak perlu khawatir. Berikut tata cara naik pesawat bagi pemula:

1. Cermati Peraturan Bagasi


Setiap maskapai tentu memiliki kebijakan mengenai batas bagasi gratis. Oleh sebab itu, sebelum berangkat, pastikan Anda telah mengetahui terlebih dahulu mengenai muatan bagasi pesawat yang akan ditumpangi.

Selain itu, perhatikan barang-barang apa saja yang dilarang dibawa ke dalam pesawat. Beberapa barang yang tak boleh dibawa ke dalam kabin pesawat seperti benda bermata pisau, gunting, korek api, rokok elektronik, pemantik dan lain-lain.

2. Menyiapkan Identitas dan Tiket Pesawat

Sebelum berangkat ke bandara, Anda harus memastikan kode booking pesawat dan identitas telah siap dibawa untuk check in nantinya.

Check in dapat dilakukan dengan beberapa cara, yaitu secara manual di bandara atau melakukan web check ini di website maskapai pesawat yang akan ditumpangi.

Tetapi, kebanyak orang lebih sering check in manual di bandara. Saat check in, tunjukkan tiket atau e-tiket milik Anda serta data diri seperti KTP atau paspor apabila akan ke luar negeri.

Setelah selesai check in, Anda akan mendapatkan boarding pass. Boarding pass nantinya harus Anda tunjukkan saat akan naik ke pesawat.

3. Datang ke Bandara Lebih Awal

Ketika tiba hari keberangkatan, sebaiknya datang lah ke bandara lebih awal. Hal ini dikarenakan Anda tak akan pernah tau apakah ada hambatan saat perjalanan menuju bandara.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved