Begini Mekanisme Sebuah Pesawat Bisa Terbang

Teknologi transportasi pesawat dianggaap menjadi salah satu penuemuan terbesar dalam sejarah manusia

Editor: Mansur Amirullah
Liberti City
Pesawat Antonov 

TRIBUNTIMUR.COM - Teknologi transportasi pesawat dianggaap menjadi salah satu penuemuan terbesar dalam sejarah manusia. Pesawat bisa membantu seseorang untuk berpindah tempat dari satu tempat ke tempat lain dengan mudah dan cepat.

Pesawat menggunakan mesin jet sebagai penggerak utamanya. Namun ternyata, bukan mesin jet yang membuat pesawat bisa terbang.

Beberapa benda bisa terbang tanpa menggunakan mesin, contohnya paralayang, pesawat kertas, dan burung. Normalnya, semua benda yang ada di bumi akan jatuh ke permukaan bumi akibat gaya gravitasi.

Gaya gravitasi adalah gaya yang menarik semua benda ke arah bumi.

Secara umum, gaya yang bekerja pada pesawat ada empat macam. Pertama adalah gaya dorong (thrust) yang mendorong pesawat ke depan.

Kedua adalah gaya hambat yang arahnya ke belakang pesawat. Ketiga adalah gaya angkat (lift). Gaya angkat adalah gaya yang mendorong pesawat ke atas.

Terakhir, gaya gravitasi dan bobot benda (weight) adalah gaya yang mengarah ke bawah. Syarat agar pesawat bisa terbang Agar pesawat bisa terbang, diperlukan dua syarat.

Pertama, pesawat harus memiliki gaya dorong yang lebih besar dari gaya hambat. Kedua, pesawat harus memiliki gaya angkat yang lebih besar dari gaya gravitasi dan bobot.

Mekanisme kerja pesawat

Mesin jet pada pesawat berfungsi untuk membuat pesawat bergerak maju ke depan dengan kecepatan tinggi. Dengan begitu, udara akan mengalir dengan cepat melalui sayap pesawat.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved