Kuliner

Gogos, Kudapan Asli Sulsel Gurih Nan Lezat

Berbagai macam kuliner khas di Sulawesi Selatan yang lezat dan gurih. Kuliner ini dapat dengan mudah didapatkan dengan harga terjangkau.

Editor: Mansur Amirullah
int
Gogos 

TRIBUNTIMUR.COM - Berbagai macam kuliner khas di Sulawesi Selatan yang lezat dan gurih. Kuliner ini dapat dengan mudah didapatkan dengan harga terjangkau.

Selain Coto Makassar, pisang ijo, jalangkote, ikan pallumara, dan lain-lain, ada salah satu kudapan khas Sulawesi Selatan yang bisa dijumpai di berbagai daerah di Indonesia, namanya gogos.

Gogos dibawa oleh para perantau Suku Bugis. Gogos dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia diartikan sebagai penganan yang dibuat dari ketan dan santan, dibungkus daun pisang kemudian ditusuk dengan lidi pada masing-masing ujungnya, berbentuk bulat panjang, dan dipanggang di atas bara api.

Lazimnya bahan yang dipakai adalah beras ketan hitam dan ketan putih. Beras ketan dicuci bersih, setelah itu diaduk bersamaan dengan santan dan dikukus hingga setengah matang.

Kemudian dikukus lagi setelah dicetak dalam daun pisang yang sudah dijemur di bawah terik matahari.

Proses terakhir, gogos dipanggang dengan memakai arang atau sabuk kelapa agar lebih beraroma dan bumbunya meresap.

Seiring berjalannya waktu, pembungkus gogos juga ada yang dari plastik karena dinilai lebih praktis.

Gogos ini sebetulnya memiliki bentuk hampir mirip seperti lemper dari Jawa. Bedanya adalah modelnya yang berbentuk ramping dan panjang, lebih mirip lontong yang berukuran 10-15 cm.

Penganan ini hampir dapat ditemui di sejumlah titik atau sudut Kota Makassar. Harganya pun relatif murah mulai Rp1.000 sampai Rp2.500 per buah.

Gogos acapkali disajikan pada saat jelang Idul Fitri dan Idul Adha bersama makanan khas lainnya seperti ketupat, kampalo dan lemmang serta masih banyak makanan lainnya.

Gogos akan terasa hampa jika dinikmati tanpa ditemani lauk seperti telur asin, rebusan mi instan, serta abon ikan atau ayam.

Kudapan ini juga terkadang didapati pada acara pesta, pertemuan, pelatihan bahkan seminar.

Kini gogos juga tersaji dengan berbagai varian. Ada yang tanpa isian dan ada yang telah dikombinasikan dengan abon ayam atau sapi, daging ikan tongkol dengan campuran kelapa sangrai dan dibumbui dengan bumbu khas Makassar di dalamnya.

Gogos yang ada isinya disebut kambu atau gogos isi. Bagaimana rasanya? Anda akan merasakan sensasi rasa gurih beras ketan, santan kelapa dan abon.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved